PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DARING PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS UNTUK SISWA SMA/MA

Achmad Mudzik Chabib, NIM.: 17106090027 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DARING PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS UNTUK SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DARING PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS UNTUK SISWA SMA/MA)
17106090027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DARING PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS UNTUK SISWA SMA/MA)
17106090027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) bahan ajar praktikum fisika berbasis daring berupa petunjuk dan video tutorial praktikum. (2) Mengetahui kualitas petunjuk dan video tutorial praktikum fisika berbasis daring yang dikembangkan (3) Mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar praktikum fisika berbasis daring yang dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah, yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate, penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran pada validator, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik. Penilaian kualitas modul Fisika menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa responden, yaitu 2 validator instrument, 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 2 penilai ahli media, 2 penilai ahli materi, guru fisika, dan 4 orang siswa yang dipilih secara acak.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Pengambilan Sampel Acak Sederhana. Hasil penelitian ini berupa petunjuk praktikum dan video tutorial. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian oleh ahli materi diperoleh skor 2,98 dengan kategori Baik (B). Penilaian oleh ahli media diperoleh skor 3,50 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan penilaian oleh guru IPA dengan skor 4,00 dengan kategori Sangat Baik (SB). Respon peserta didik terhadap modul pada uji coba terbatas memperoleh rerata skor 0,92 dengan kriteria setuju. Bahan ajar berupa petunjuk dan video praktikum tekanan hidrostatis dapat diterima siswa dan digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Petunjuk Praktikum, Video tutorial, praktikum daring
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:54
Last Modified: 22 Sep 2022 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum