TRANSMISI NILAI-NILAI SELF-EFFICACY DAN KESETARAAN GENDER MELALUI STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 7 SMP SAINS AL-QUR’AN

Nurestri, NIM.: 18104010038 (2022) TRANSMISI NILAI-NILAI SELF-EFFICACY DAN KESETARAAN GENDER MELALUI STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 7 SMP SAINS AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSMISI NILAI-NILAI SELF-EFFICACY DAN KESETARAAN GENDER MELALUI STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 7 SMP SAINS AL-QUR’AN)
18104010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TRANSMISI NILAI-NILAI SELF-EFFICACY DAN KESETARAAN GENDER MELALUI STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 7 SMP SAINS AL-QUR’AN)
18104010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tidak adanya kepercayaan diri dan kemantapan hati siswa mengakibatkan proses hafalan Al-Qur’an menjadi kurang optimal. Hal ini diperlukan adanya transmisi nilai-nilai self-efficacy dan kesetaraan gender sebagai upaya agar siswa memiliki kemantapan hati, niat, dan keyakinan diri serta memiliki persepsi yang sama di antara siswa satu dengan lainnya dalam proses menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian untuk mengkaji proses transmisi nilai-nilai self-efficacy dan mengkaji nilai-nilai kesetaraan gender pada siswa kelas 7 SMP Sains Al-Qur’an. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 7 SMP Sains Al-Qur’an. Teknik penentuan sampelnya menggunakan proposive sampling dengan jumlah sampel sepuluh siswa tahfidzul qur’an dalam kategori reguler dan takhassus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk menggali data serangkaian proses menghafal Al-Qur’an. Sedangkan wawancara dilakukan untuk menggali data transmisi nilai-nilai self-efficacy dan kesetaraan gender dalam strategi menghafal Al-Qur’an. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi dan analisis transmisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses transmisi nilai-nilai self-efficacy dalam strategi menghafal Al-Qur’an yaitu membiasakan siswa untuk meyakini dirinya bahwa siswa mampu menghafal Al-Qur’an melebihi target Juz yang telah ditentukan dan membiasakan siswa untuk berpikir luas mengenai penguatan dan cara-cara menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar, 2) proses transmisi nilai-nilai kesetaraan gender dalam strategi menghafal Al-Qur’an yaitu memberikan penguatan bimbingan tahfidzul qur’an secara menyeluruh meliputi bentuk pembinaan dan pemerolehan materi serta mengesampingkan perbedaan latar belakang budaya siswa dari sisi kebiasaan sikap, perilaku, budaya dalam proses menghafal Al-Qur’an. Adapun temuan dalam penelitian yaitu adanya modeling dari pengampu bahwa semua pengampu tahfidzul qur’an adalah perempuan sehingga secara psikologis siswa laki-laki merasa kurang leluasa dalam menyetorkan hafalannya. Selain itu adanya perbedaan jumlah laki-laki dan perempuan yang tidak merata mempengaruhi psikologis siswa dalam proses menghafal Al-Qur’an. Implikasi dari penelitian ini yaitu adanya korelasi antara nilai-nilai self-efficacy dan kesetaraan gender dalam proses menghafal Al-Qur’an serta metode pengaturan diri dalam membantu siswa mengubah stigma negatif menjadi positif dalam proses menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing.: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Transmisi Nilai-nilai Self-Efficacy, Kesetaraan Gender, Strategi Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:35
Last Modified: 22 Sep 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum