HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022

Izza Zakiyyah, NIM.: 18104010085 (2022) HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104010085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104010085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti memilih mata pelajaran Fiqih dalam penelitian ini, karena Fiqih merupakan materi dasar siswa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali siswa tidak menyadari pentingnya materi ini. Motivasi belajar siswa kelas V di MIN 3 Bantul pada mata pelajaran Fiqih kurang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemberian penguatan (reinforcement). Pemberian penguatan yang diberikan oleh guru cenderung pada pemberian penguatan verbal saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguat yang diberikan mata pelajaran fiqih, motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih, dan hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pengolahan data pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu editing, coding, dan tablating. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probabilty sampling dengan jenis total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan analisis korelasi prodact moment. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Penguatan yang diberikan pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul sebagian besar dalam kategori cukup. 2) Motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul seluruhnya dalam kategori tinggi. 3) Ada hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan kontribusi sebesar 46,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 15:31
Last Modified: 22 Sep 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum