PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN AJARAN 2021/2022

Hafidzotun Nafi'ah, NIM.: 18104020030 (2022) PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran diri dan kepedulian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabitilas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan software SPSS versi 22.0. Hasil uji validitas kuisioner self awareness yang terdiri dari 26 item soal menyatakan bahwa 6 item soal tidak valid, sedangkan 20 item soal lainnya valid. Hasil uji reliabilitas pada variabel self awareness sebesar 0,865 yang menyatakan bahwa variabel dinyatakan reliabel dengan kategori sangat tinggi dan layak digunakan sebagai instrumen alat ukur penelitian. Hasil uji normalitas adalah signifikansi sebesar 0,207 dan 0,096 > 0,05 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal.. Hasil signifikansi linearity sebesar 0,00 < 0,05 maka kedua data saling berhubungan secara linear. Nilai signifikansi uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hasil uji koefisien determinasi adalah nilai R Square sebesar 0,362. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengaruh self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 36,2%. Adapun sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Self awareness, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 13:51
Last Modified: 23 Sep 2022 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum