PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KHUSUS TUNARUNGU DARUL-ASHOM YOGYAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19

Ulifah Azwarani Rochmah, NIM.: 18104020032 (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KHUSUS TUNARUNGU DARUL-ASHOM YOGYAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KHUSUS TUNARUNGU DARUL-ASHOM YOGYAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19)
18104020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KHUSUS TUNARUNGU DARUL-ASHOM YOGYAKARTA PASCA PANDEMI COVID-19)
18104020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah terselenggara di berbagai lembaga pendidikan, baik formal, non-formal, maupun informal. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Khusus Tunarungu Darul Ashom. Penelitian ini ditulis dengan tujuan : 1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab bagi siswa berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Darul Ashom pasca pandemi covid-19. 2) Mengetahui tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa berkebutuhan khusus pasca pandemi covid-19 dan solusi yang diupayakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang nyata dan akurat. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Data yang didapat kemudian dideskripsikan berupa narasi dan diolah kembali oleh peneliti. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa : 1) Proses pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Ashom dilaksanakan secara bersamaan dengan pelajaran bahasa lain yaitu bahasa Indonesia, Arab, Inggris, dengan bahasa isyarat sebagai perantaranya. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahasa isyarat abjad dan hijaiyah untuk bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kontekstual dan tematik integratif bahasa, sedangkan metodenya adalah metode membaca perkataan dan mempelajari bahasa secara manual. Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi harian, pengamatan, dan tes berupa ujian pertengahan dan akhir tahun. 2) Tantangan yang dihadapi adalah beberapa tema tertentu memerlukan penjelasan yang lebih mendalam, pengelolaan kelas yang tidak mudah dan jumlah SDM yang masih terbatas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19, ِTunarungu
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 13:56
Last Modified: 23 Sep 2022 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum