IMPLEMENTASI MODEL SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022

Desfiandri Rahmadani Amri, NIM.: 18104020057 (2022) IMPLEMENTASI MODEL SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya mempelajari kosa kata baru dalam bahasa Arab yang hakikatnya berbeda dari kehidupan sehari-hari bagi siswa. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan digunakannya model pembelajaran yang bertujuan untuk mendukung dan membantu proses pembelajaran agar menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu 1) untuk mendeskripsikan implementasi model simulasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 5 di MIN 1 Bantul dan 2) mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat implementasi model simulasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang dengan rincian 1 orang kepala madrasah, 1 orang guru, dan 8 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses implementasi model simulasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 5 di MIN 1 Bantul terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. guru menerapkan model simulasi pada setiap sesi kegiatan pembelajaran. 2) Dalam implementasinya, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung tersebut ialah a) keterampilan guru yang cukup kompatibel dalam mengatur dan mengondisikan kelas serta terampil dalam menggunakan model simulasi didalam pembelajaran dengan cara melakukan pengulangan terhadap mufradat yang diajarkan. b) antusias siswa yang baik dalam mengikuti pelajaran, dan c) sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya meliputi a) guru dihadapkan dengan siswa yang masih belum bisa membaca dan menulis bahasa Arab, dan b) siswa yang acuh ketika pembelajaran. (Solusi yang diberikan oleh pihak madrasah adalah 1) dengan mengadakan program matrikulasi khusus untuk siswa yang belum bisa membaca dan menulis bahasa Arab, serta 2) berusaha memaksimalkan peran guru dan siswa demi meminimalisir gangguan dengan menerapkan model simulasi yang dikemas dengan cara yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Simulasi, Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 13:57
Last Modified: 23 Sep 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum