IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB’AISYIYAH MACANAN PRAMBANAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Inggid Berlianti Indah Putri, NIM.: 18104030060 (2022) IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB’AISYIYAH MACANAN PRAMBANAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB’AISYIYAH MACANAN PRAMBANAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
18104030060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB’AISYIYAH MACANAN PRAMBANAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
18104030060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini adalah perilaku sadar anak usia dini yang berhubungan dengan kesehatan badan dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di masa pandemi covid-19 melalui pola pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh anak didik dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di kelompok B KB’Aisyiyah Prambanan pada masa pandemi covid-19. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang di gunakan peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan subjek menggunakan teknik (Purposive Sampling) dimana subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah anak didik dan guru. Uji keabsahan yang digunakan dengan menggunakan triangulasi dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan data tentang Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di kelompok B KB’Aisyiyah Prambanan sudah berjalan dengan baik. Dilakukan dengan metode pembiasaan rutin, spontan, keteladanan. Anak didik di kelompok B sudah mampu untuk melaksanakan PHBS sendiri dengan terbiasa mencuci tangan, toilet training, membuang sampah, memakan makanan yang bergizi dan berpakaian rapi dan bersih. Faktor-faktor yang mempengaruhi PHBS seperti (1) Faktor dukungan dari orangtua, (2) dukungan guru, (3) dan fasilitas sarana prasarana. PHBS di kelompok B KB’Aisyiyah Prambanan bisa dikatakan sudah baik dan sesuai dengan indikator PHBS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Perilaku, Hidup Bersih dan Sehat
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 14:05
Last Modified: 23 Sep 2022 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum