PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DARING ANAK USIA SD TERHADAP MINAT BIMBINGAN BELAJAR DARING

Amalia Oktaviana, NIM.: 18104080008 (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DARING ANAK USIA SD TERHADAP MINAT BIMBINGAN BELAJAR DARING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DARING ANAK USIA SD TERHADAP MINAT BIMBINGAN BELAJAR DARING)
18104080008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DARING ANAK USIA SD TERHADAP MINAT BIMBINGAN BELAJAR DARING)
18104080008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, banyak siswa berminat mengikuti program bimbingan belajar. Munculnya minat siswa dapat dipicu oleh beberapa faktor. Berdasarkan hasil wawancara dengan dua siswa di Belajar_Ind, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang membuat keduanya berminat mengikuti bimbingan belajar adalah adanya hambatan yang dialami selama pembelajaran daring di sekolah dilakukan. Hambatan tersebut dapat berupa kurangnya motivasi dalam belajar serta kesulitan-kesulitan yang mengiringi aktivitas belajarnya. Informasi berbeda ditemui ketika melakukan wawancara dengan dua siswa yang lain. Keduanya sepakat bahwa mereka berminat mengikuti bimbingan belajar daring karena ingin menambah pemahaman terkait materi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah dan mengaku bahwa selama pembelajaran daring berlangsung, mereka tidak menjumpai kendala dan kesulitan yang berarti yang menghalangi mereka untuk belajar. Permasalahan yang ingin dikaji pada penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind? (2) apakah terdapat pengaruh kesulitan belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind? dan (3) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar daring dan kesulitan belajar daring anak usia SD secara bersama-sama terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind? Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind, (2) untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind, dan (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar daring dan kesulitan belajar daring anak usia SD secara bersama-sama terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar_Ind. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanasi, sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan model skala sikap yang diberikan kepada sampel 30 siswa yang mengikuti bimbingan Belajar_Ind. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: motivasi belajar daring, kesulitan belajar daring, dan minat bimbingan belajar daring di Belajar_Ind. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan uji hipotesis terdiri atas uji koefisien deteminasi (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Belajar Daring, Bimbingan Belajar, Motivasi, Kesulitan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:54
Last Modified: 23 Sep 2022 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum