PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN AJARAN 2021/2022

Khusnul Khuluq, NIM.: 18104080014 (2022) PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104080014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGLISENG TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104080014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan suatu proses untuk menuju hasil, yaitu memperoleh pengetahuan maupun keterampilan dari guru atau sumber belajar lainnya. Setiap siswa memiliki perbedaan masing-masing dalam segi cara belajar. Perbedaan cara belajar tersebut seharusnya memberikan perbedaan juga terhadap prestasi belajar yang mereka peroleh. Observasi di MI Maarif Ngliseng menunjukkan siswa berbeda-beda dalam cara belajar. Dari perbedaan tersebut penulis tertarik untuk mengetahui apakah perbedaan cara belajar tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka, terutama dalam mata pelajaran matematika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V MI Ma’arif Ngliseng. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V MI Ma’arif Ngliseng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel di kelas V MI Ma’arif Ngliseng. Pengumpulan data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna pada hasil penelitian yang didapatkan kemudian dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V MI Ma’arif Ngliseng tahun ajaran 2021/2022. Hal ini diperoleh dari hasil nilai signifikansi yang menunjukkan nilai 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu cara belajar matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V MI Ma’arif Ngliseng tahun ajaran 2021/2022. Jadi peserta didik yang melakukan cara belajar matematika dengan baik akan cenderung lebih mudah meningkatkan prestasi belajar matematikanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Cara Belajar, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:50
Last Modified: 23 Sep 2022 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum