IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO

Lailatul Amaliya, NIM.: 18104080021 (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO)
18104080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO)
18104080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian diambil karena sekarang ini masih banyak anak usia sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam membaca terutama pada anak yang duduk di kelas rendah yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Pada saat observasi dan wawancara peneliti mendapatkan ada beberapa peserta didik di kelas 2A SD Negeri Nogopuro yang mengalami kesulitan membaca. Dari masalah tersebut peneliti tertarik melakukan identifikasi kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan membaca permulaan yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro yaitu lambat dan terbata bata dalam membaca, mengeja huruf satu per satu pada saat membaca, melakukan pengulangan suku kata atau kata, tidak memperhatikan dan menggunakan tanda baca, salah dalam menempatkan pemenggalan kata, intonasi tidak sesuai, menghilangkan huruf konsonan di belakang, dan tidak memahami bacaan yang telah dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membaca, Permulaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:35
Last Modified: 23 Sep 2022 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum