UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI MATERI CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS 4 MIN 1 YOGYAKARTA

Musfiroh, NIM.: 18104080044 (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI MATERI CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS 4 MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI MATERI CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS 4 MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI MATERI CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS 4 MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng Kelas 4 di MIN 1 Yogyakarta, (2) Apa kendala guru dalam meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng Kelas 4 di MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran literasi dan 10 siswa kelas 4 MIN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil dari penelitian dapat menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan minat baca melalui pembelajaran literasi materi cerita dongeng kelas 4 MIN 1 Yogyakarta, yaitu (1) Pembelajaran literasi dilaksanakan di perpustakaan viii (2) Story telling (3) Media pembelajaran audio visual (4) Meminjam buku dongeng di perpustakaan (5) Bertukar buku dengan teman yang lain (6) Penambahan koleksi buku. Kendala guru dalam meningkatkan baca yaitu (1) Banyaknya koleksi buku dongeng di perpustakaan yang sudah tidak layak (2) Belum adanya pojok baca disetiap ruang kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andhika Yahya Putra, S.Pd, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Guru, meningkatkan minat baca, pembelajaran literasi, cerita dongeng.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Sep 2022 15:48
Last Modified: 23 Sep 2022 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum