PENGARUH PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Jusniati Sari, NIM.: 18104090019 (2022) PENGARUH PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan WFH (work from home) membuat prestasi kerja menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi kerja terhadap efektivitas kerja pegawai dan seberapa besar pengaruh prestasi kerja terhadap efektivitas kerja pegawai dimediasi oleh kepuasan kerja di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Maret 2022. Pengambilan sampel berdasarkan kaidah probability sampling dengan metode stratified random sampling sehingga dari populasi 103 diperoleh sampel sebanyak 82 pegawai. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel independen yakni prestasi kerja (X1), sedangkan variabel dependennya adalah efektivitas kerja pegawai (Y), dan variabel kepuasan kerja (X2) sebagai variabel kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima karena (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi kerja terhadap efektivitas kerja pegawai pada kategori sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.883 dan nilai signifikansi 0.000 < α = 0.05. Kemudian (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi kerja terhadap efektivitas kerja pegawai dimediasi oleh kepuasan kerja pada kategori kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.650 dan nilai signifikansi 0.000 < α = 0.05. Tingkat prestasi kerja sebesar 80.5%, tingkat kepuasan kerja sebesar 75.6%, dan tingkat efektivitas kerja pegawai sebesar 75.6%, ketiganya berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk mengefektivitaskan kerja pegawai adalah pegawai harus punya komitmen dan adaptif walaupun pada masa pandemi covid-19 dengan penunjangnya instansi harus memberikan insentif yang sesuai dengan tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: prestasi kerja, kepuasan kerja, efektivitas kerja pegawai.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:15
Last Modified: 26 Sep 2022 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum