PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA MASA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK R2 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ina Yatun Nisa, NIM.: 18104090078 (2022) PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA MASA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK R2 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA MASA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK R2 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18104090078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA MASA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK R2 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18104090078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan yang terjadi di lapangan dengan teori yang berkaitan dengan manajemen sarana dan prasarana dan kualitas layanan pembelajaran. Kualitas layanan pembelajaran peserta didik dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam keberhasilan proses pendidikan. Manajemen sarana prasarana merupakan bagian terpenting yang memengaruhi suatu kualitas layanan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel manajemen sarana dan prasarana terhadap kualitas layanan pembelajaran serta mengetahui besaran antar variabel. Penelitian ini berlokasi di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek R2 dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Kemudian jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah manajemen sarana dan prasarana (X), sedangkan variabel terikatnya adalah layanan pembelajaran (Y).). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi Statistical Product and Sevice Solution (SPSS) Versi 20. Berdasarkan perbandingan antara koefisien korelasi bivariat antara manajemen sarana dan prasarana menghasilkan nilai sebesar 0,641 dan nilai signifikansi 0,000 <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana dan Kualitas Layanan Pembelajaran
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 09:48
Last Modified: 26 Sep 2022 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum