PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI

Tika Rahayu Ningsih, NIM.: 18106070009 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap materi dipengaruhi oleh media dan sumber belajar yang digunakan. Kurangnya minat belajar peserta didik dalam pelajaran kimia karena materinya yang dianggap sulit, bersifat teoritis, dan abstrak terkhusus pada materi koloid. Terbatasnya sumber belajar hanya pada pemaparan materi secara ceramah dan penayangan materi dengan Power Point (PPT) yang digunakan saat proses pembelajaran dikelas membuat peserta didik merasa jenuh, sehingga membuat peserta didik tidak tertarik dalam mempelajari materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas video praktikum berbasis bahan alam pada materi koloid berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4-D meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan) yang dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat orang reviewer (guru kimia SMA/MA). Produk di respon oleh sepuluh peserta didik Kelas XI MA Islamiyah Attanwir Talun, Bojonegoro, SMA Negeri Sumberrejo, Bojonegoro, dan MAN I GunungKidul. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas video praktikum berbasis bahan alam pada materi koloid menurut satu dosen ahli materi diperoleh skor rata-rata 38 dari skor maksimal ideal 40 memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 95%.Hasil penilaian satu dosen ahli media diperoleh skor rata-rata 19 dari skor maksimal idel 20 memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 95%. Hasil penilaian empat reviewer diperoleh skor rata-rata 225 dari skor maksimal ideal 240 memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 93,75%. Berdasarkan respon peserta didik didapatkan respon positif dengan memperoleh skor 97 dari skor maksimal 100 sehingga memperoleh persentase keidealan sebesar 97%. Dari seluruh penilaian dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa video praktikum berbasis bahan alam memilki kualitas sangat baik dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang layak oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, video, bahan alam, kimia, koloid
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 14:59
Last Modified: 26 Sep 2022 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum