PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHEM-FLIPBOOK BERORIENTASI MANAJEMEN SAMPAH MELALUI SISTEM SANITARY LANDFILL DENGAN SYSTEM THINKING APPROACH

Dewi Vitama Pusfitasari, NIM.: 18106070022 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHEM-FLIPBOOK BERORIENTASI MANAJEMEN SAMPAH MELALUI SISTEM SANITARY LANDFILL DENGAN SYSTEM THINKING APPROACH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHEM-FLIPBOOK BERORIENTASI MANAJEMEN SAMPAH MELALUI SISTEM SANITARY LANDFILL DENGAN SYSTEM THINKING APPROACH)
18106070022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CHEM-FLIPBOOK BERORIENTASI MANAJEMEN SAMPAH MELALUI SISTEM SANITARY LANDFILL DENGAN SYSTEM THINKING APPROACH)
18106070022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan mempersiapkan manusia untuk mengatasi dan menemukan solusi dari suatu persoalan. Sampah menjadi salah satu persoalan pelik di Indonesia. Sejumlah dampak negatif terjadi akibat pengelolaan sampah yang tidak tepat. Menyadari hal ini pemerintah mengubah sistem pengelolaan sampah dari sistem open dumping menjadi sistem yang lebih ramah lingkungan, yaitu sistem sanitary landfill melalui peraturan perundang-undangan. Namun, kebijakan ini tidak serta merta mengatasi segala persoalan sampah di Indonesia, dibutuhkan kesadaran bersama dan pemahaman yang baik atas sampah dan pengelolaannya agar persoalan ini dapat ditangani. Dalam hal ini akomodasi persoalan sampah ke dalam pendidikan menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengakomodasi persoalan ini dalam media pembelajaran dengan mengembangkan multimedia chem-flipbook berorientasi manajemen sampah melalui sistem sanitary landfill dengan system thinking approach. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (RnD) yang mengadaptasi model penelitian 4D atau define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hanya saja, dalam penelitian ini tahap tersebut akan dibatasi pada tahap define hingga develop saja. Produk di-review oleh peer reviewer, dilakukan perbaikan dan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing sebelum divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh lima pendidik kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik SMA jurusan MIPA. Instrumen dalam validasi dan penilaian kualitas produk merupakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah multimedia chem-flipbook yang menyajikan materi-materi kimia yang berkaitan dengan pengelolaan 6 sampah sistem sanitary landfill. Materi-materi tersebut meliputi, materi bahan B3 dan keselamatan laboratorium, reaksi redoks, reaksi asam basa, penggolongan unsur dan logam berat, serta hidrokarbon. Hasil penelitian pengembangan dan olah data, media yang dikembangkan layak digunakan dengan rincian persentase keidealan masing-masing tahap penilaian adalah ahli media 97,22%, ahli materi 81,25%, reviewer 93,53%, dan respon peserta didik 99,00%. Media yang dikembangkan beradasarkan kriteria penilaian idela termasuk kedalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: flipbook, pembelajaran kimia, sanitary landfill, system thinking approach
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Sep 2022 15:05
Last Modified: 26 Sep 2022 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum