NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA TEAM ATSAR MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI’IEN PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI SKI DALAM PAI

Idaratun Nasifah, NIM.: 19204012003 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA TEAM ATSAR MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI’IEN PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI SKI DALAM PAI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA TEAM ATSAR MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI’IEN PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI SKI DALAM PAI)
19204012003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA TEAM ATSAR MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI’IEN PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI SKI DALAM PAI)
19204012003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu komponen penting dalam pembelajaran untuk menanamkan nilai pendidikan karakter adalah buku ajar PAI. Salah satu materi PAI adalah SKI yang mengandung banyak nilai pendidikan karakter yaitu dalam kehidupan Nabi Muhammad Saw. Kurangnya alokasi waktu pembelajaran, menjadikan minimnya materi buku pelajaran terkait kehidupan Nabi Muhammad Saw. Buku Sirah Nabawiyah hadir menjadi penunjang untuk melengkapi minimnya materi pembelajaran terkait kehidupan Nabi Muhammad Saw. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sirah Nabawiyah karya Team Atsar Madrasah Hidayatul Mubtadi’ien Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri (2) mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter dalam buku Sirah nabawiyah dengan materi SKI dalam PAI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui sumber literer (library research). Sumber primer penelitian ini adalah buku Sirah Nabawiyah karya Team Atsar Hidayatul Mutadi’ien Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri yaitu Suruju Dholam Lentera Kegelapan dan buku ajar PAI di sekolah di jenjang SD, SMP, dan SMA. Sumber sekunder berupa buku, artikel web, jurnal, dan sejenisnya yang membahas tentang pendidikan karakter dalam buku Sirah Nabawiyah dan relevansinya dengan Materi SKI dalam PAI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Sirah Nabawiyah Karya Team Atsar Madrasah Hidayatul Mubtadi’ien Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri yaitu: Religius, Jujur, Kreatif, Teliti, Tangguh, Peduli sesama, Tenang, Sabar, Penyayang, Cerdas, Pemaaf, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Toleransi, Demokratis, Disiplin, Rasa Ingin Tahu, dan Tanggung jawab. (2) terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sirah Nabawiyah Karya Team Atsar Hidayatul Mubtadi’ien Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri dengan Materi SKI dalam PAI yaitu dalam pembahasan materinya yang sama-sama membahas kehidupan Nabi Muhammad Saw. di jenjang SD, SMP, SMA, adapun yang membedakan dalam cakupan materinya. Pada jenjang SD materi yang disajikan masih terkait kisah teladan Nabi Muhammad Saw., pada jenjang SMP materi yang disajikan lebih meluas karena bukan hanya membahas kisah teladan Nabi Muhammad Saw. namun juga sudah membahas cara-cara dakwah di Nusantara, dan pada jenjang SMA materi yang disajikan sudah detail dan meluas karena sudah membahas implementasi atau penerapan tata cara mendakwahkan Islam di kota Mekkah, Madinah serta di Bumi Nusantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Buku Sirah Nabawiyah, Relevansi, Materi SKI, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:46
Last Modified: 28 Sep 2022 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum