APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ISTIMA<’ DAN KITA<BAH SISWA KELAS XI DI SMK-IT REJANG LEBONG

Harmanto Raharjo, NM.: 19204022002 (2022) APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ISTIMA<’ DAN KITA<BAH SISWA KELAS XI DI SMK-IT REJANG LEBONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ISTIMA<’ DAN KITA<BAH SISWA KELAS XI DI SMK-IT REJANG LEBONG)
19204022002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ISTIMA<’ DAN KITA<BAH SISWA KELAS XI DI SMK-IT REJANG LEBONG)
19204022002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada SMK IT Rejang Lebong dinilai kurang cakap dalam mengembangkan media pembelajaran yang dimana pada hal ini guru masih menjadi titik pusat pembelajaran sehingga semuanya bersumber hanya dari penjelasan guru, tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang baru dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan aplikasi KAHOOT! dalam meningkatkan kemampuan mendengar dan menulis siswa SMK-IT Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-experimental designs karena desain penelitian ini tanpa menggunakan kelompok kontrol. Objek uji coba dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI SMK IT Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” paired sample t-test dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan setelah adanya penerapan aplikasi KAHOOT! dalam pembelajaran bahasa Arab di SMK-IT Rejang Lebong. Berdasarkan data nilai pretest dan posttest bahwasannya terdapat peningkatan rata-rata antara pretest dan posttest dari 64,5 menjadi 83,8 dimana terdapat peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest sejumlah 19,3. Dan hasil uji t test (one sampel test) menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,040 dan thitung sebesar 2.155, maka dapat disimpulkan bahwa thitung (2.155) >ttabel (2.050) dan hasil nilai signifikansi 0,040<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima, dalam hal ini, ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata sebelum diterapkan penggunaan aplikasi KAHOOT!.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Tulus Musthafa, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: Media, Keterampilan mendengar, Keterampilan menulis, KAHOOT
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:11
Last Modified: 28 Sep 2022 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum