DAMPAK PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI SD N 1 BALERANTE KLATEN

Wasifatun Najiroh, NIM.: 19204080024 (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI SD N 1 BALERANTE KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI SD N 1 BALERANTE KLATEN)
19204080024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI SD N 1 BALERANTE KLATEN)
19204080024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

WASIFATUN NAJIROH, NIM 19204080024. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di SD Negeri 1 Balerante. Tesis, Yogyakarta: Program Magister UIN Sunan Kalijaga, 2022. Belakangan ini kasus covid-19 di Indonesia menyebabkan beberapa sekolah menutup sekolah-sekolahnya dengan tujuan menghentikan penyebaran virus. Hal tersebut menyebabkan pemerintah Indonesia membuat beberapa kebijakan terutama di lingkungan pendidikan seperti pemberlakuan pembelajaran secara online. Peserta didik dipaksa untuk belajar dari rumah dan beraktivitas di rumah, sedangkan tidak semua pelajar terbiasa dengan sistem pembelajaran online tersebut yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis dampak pandemi coronavirus disease-19 terhadap proses pembelajaran dan perkembangan sosial emosional peserta didik kelas IV dan V di SD N 1 Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas IV, wali kelas V, peserta didik kelas IV dan V serta orang tua murid kelas IV dan V. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat dampak pada proses pembelajaran dan perkembangan sosial emosional peserta didik kelas IV dan V di SD N 1 Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Dampak tersebut adalah; 1) dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran yaitu pembelajaran yang mulanya dilakukan secara tatap muka menjadi jarak jauh sehingga menyebabkan ketidaksesuaian program pembelajaran, sarana prasarana yang kurang mendukung serta sulitnya sinyal dan akses internet. 2) dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan sosial peserta didik kelas IV dan V di SD N 1 Balerante Klaten yaitu munculnya sikap tidak bertanggungjawab terhadap penyelesaian tugas, kurang peka terhadap perasaan orang lain serta kurangnya komunikasi dan interaksi dengan pendidik dan teman kelasnya. 3) dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan emosional peserta didik kelas IV dan V di SD N 1 Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten yaitu kurangnya sikap simpati terhadap orang lain, sikap solidaritas dengan teman yang kurang serta tidak mampu mengendalikan emosi. Kata Kunci : sosial emosional, pembelajaran, daring, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:47
Last Modified: 28 Sep 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum