PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PERBAIKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH BARAT

Hesti Kartika, NIM.: 19204082010 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PERBAIKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PERBAIKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH BARAT)
19204082010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PERBAIKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 55 PRABUMULIH BARAT)
19204082010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran SAVI merupakan salah satu model pembelajaran yang sudah diterapkan pada mata pelajaran IPS, sehingga semua indera maupun kreativitas siswa telah maksimal digunakan. Fakta yang terjadi di lapangan adalah masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran ceramah terutama pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran IPS menggunakan model SAVI (2) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran SAVI kelas IV pada mata pelajaran IPS (3) Mengetahui implikasi model pembelajaran SAVI pada kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sd Negeri 55 Prabumulih Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas IV A dan IV B serta siswa-siswi IV A dan IV B SD Negeri 55 Prabumulih Barat yang masing-masing kelas berjumlah 23 siswa. Analisis data pada penelitian ini adalah ungkapan Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi data.. Hasil penelitian yang didapatkan ialah menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran IPS dilakukan dengan cara mempersiapkan materi pembelajaran, media pembelajaran dan teknik yang berbeda di setiap siklus. (2) Implementasi Model SAVI dilakukan dengan cara menerapkan teknik belajar yang berbeda yang mencerminkan aspek SAVI dengan menggunakan dua siklus. (3) Implikasi dari Model Pembelajaran SAVI (Somatic Audio Visual Intelektual ) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 55 Prabumulih Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 13:59
Last Modified: 28 Sep 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum