PENGARUH PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Susmita, NIM.: 20204011031 (2022) PENGARUH PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
20204011031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
20204011031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah berawal dari tujuan suatu pendidikan yaitu berusaha membentuk kepribadian anak yang dapat dicapai dengan menumbuhkan karakter religius pada anak, salah satunya dengan menghafal Al-Qur'an. Program hafalan Al-Qur'an diharapkan dapat membantu membangun karakter seseorang khususnya para siswa kelas X di PPM MBS Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan mengenai pelaksanaan program hafalan Al-Qur'an dan pembentukan karakter siswa. Penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode post facto dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan total 62 siswa kelas X di PPM MBS Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan yang telah diolah menggunakan SPSS versi 15 memperoleh hasil uji analisis regeresi linier sederhana dengan persamaan Y = 50,254 - 0,296X. Koefisien regresi program menghafal Al-Qur'an (X) adalah - 0,296%, yang artinya program hafalan Al- Qur'an tidak mengalami peningkatan namun mengalami penurununan secara angka. Berdasarkan kriteria yang telah dibahas sebelumnya Ho dapat diterima jika thitung = 1.823 lebih besar daripada taraf signifikan 5% uji dua pihak dan df = n-2- 1=62. Maka diperoleh ttabel = 0.296. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak terdapat pengaruh program menghafal Al-Qur‘an (X) terhadap pembentukan karakter (Y) di PPM MBS Yogyakarta. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2), koefisien bernilai positif berarti terdapat pengaruh yang positif antara program menghafal Al-Qur‘an (X) terhadap pembentukan karakter. Semakin tinggi skor program menghafal Al-Qur‘an, maka semakin tinggi pembentukan karakter siswa. Dengan adanya nilai R Square tersebut dijelaskan bahwa pembentukan karakter dipengaruhi hafalan Al-Qur‘an sebesar 5,2% sementara sisanya 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Program Menghafal Al-Qur’an, Pembentukan Karakter.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:38
Last Modified: 29 Sep 2022 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum