PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH III PP AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA

Nafisatun Nisa, NIM.: 20204021013) (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID DI MADRASAH SALAFIYAH III PP AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE DALAM PEMBELAJARAN QOWÂ’ID DI MADRASAH SALAFIYAH III PP AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
20204021013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE DALAM PEMBELAJARAN QOWÂ’ID DI MADRASAH SALAFIYAH III PP AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
20204021013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang ini pembelajaran sudah beralih pada pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi E-Modul berbasis Flip pdf Corporate dalam pembelajaran Qowa’id serta untuk mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran Qowaid Di Madrasah Salafiyah III. Penelitian ini merupakan penelitianْ Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi angket dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Flip Pdf Corporate dalam pembelajaran Qowâ’id meliputi 5 tahap yaitu 1) Analysis; yakni mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan pembelajaran nahwu di Masaga. 2) Design; yakni mengumpulkan materi, menentukan tujuan pembelajaran, KI, KD dan indicator pembelajaran, membuat flowcart dan prototipe aplikasi. 3) Development; yakni membuat konten dan mengembangkan desain yang telah dibuat, melakukan validasi aplikasi kepada para ahli (ahli media, ahli materi dan praktisi guru) serta melakukan revisi, 4) Implementation; yaitu tahap implementasi aplikasi kepada peserta diidk yang meliputi mempersiapkan peserta didik dan guru, e) Evaluation; yakni melakukan penilaian terhadap kualitas aplikasi yang meliputi evaluasi kognitif berupa tes dan evaluasi afektif berupa angket. Dari hasil analisis data tes menggunakan rumus simple paired te tes, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara data pre-test dan post-test dengan ditandai nilai signifikansi pada Sig.(2-tailed) diperoleh 0.000, dan berdasarkan uji analisis N-gain diperoleh nilai mean sebesar 62.77 atau 62 % dengan derajat kefektifikan “cukup efektif”, serta hasil analisis data penilaian xxix oleh peserta didik memperoleh kriteria kualitas “Sangat baik” dengan nilai presentase sebesar 90%. Dengan demikian, aplikasi e-modul Flip Pdf Corporate sangat layak digunakan dalam pembelajaran Qowâ’id.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.ag.
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Flip Pdf Corporate, pembelajaran Qowâ’id.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 13:04
Last Modified: 29 Sep 2022 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum