PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AL-QIRĀ’AH DENGAN APLIKASI KOTOBEE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Zaimatuz Zakiyah, NIM.: 20204021016 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AL-QIRĀ’AH DENGAN APLIKASI KOTOBEE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AL-QIRĀ’AH DENGAN APLIKASI KOTOBEE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
20204021016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AL-QIRĀ’AH DENGAN APLIKASI KOTOBEE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
20204021016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran al-Qirā’ah baru di kelas XI MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Hal ini disebabkan oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar al- Qirā’ah siswa. Di samping itu, pembelajaran dewasa ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan multimedia pembelajaran al-Qirā’ah dengan aplikasi Kotobee yang bertujuan untuk: 1) Mendesain multimedia pembelajaran al-Qirā’ah dengan aplikasi Kotobee. 2) Menguji kelayakan multimedia. 3) Mengimplementasikan multimedia dan mengetahui respons guru dan siswa terhadapnya. 4) Mengetahui efektivitas multimedia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk menguji kelayakan multimedia, peneliti meminta saran kepada ahli media dan ahli materi. Adapun untuk mengetahui efektivitas multimedia, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. dikumpulkan melalui instrumen observasi, wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Setelah itu, data berupa angka dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 23, dan N-Gain. Setelah melakukan analisis kebutuhan dan merancang multimedia pembelajaran al-Qirā’ah dengan aplikasi Kotobee. Tahap selanjutnya adalah pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari tahap-tahap tersebut, antara lain: 1) Desain multimedia diawali dengan rendahya tingkat kepuasan dan tingginya tingkat kebutuhan siswa terhadap pengembangan multimedia pembelajaran. Kemudian, peneliti merancang produk yang memuat halaman utama hingga informasi pengembang dengan mempertimbangkan pendapat siswa. 2) Ahli media dan materi menyatakan bahwa multimedia ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Persentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai oleh kedua ahli media adalah 97,47 %, sedangkan dari ahli materi adalah 91,31 % yang termasuk pada kategori sangat layak. 3) Respons guru dan siswa pada kelompok terbatas maupun skala luas pada multimedia adalah sangat positif. Rata-rata respons guru pada keseluruhan aspek yang dinilai adalah 3,83. Sementara itu, siswa pada kelompok terbatas memberikan penilaian sebanyak 3,75. Adapun siswa pada skala luas adalah sejumlah 3,45. Derajat persepsi dari ketiga skor ini adalah sangat positif. 4) Multimedia ini juga efektif untuk meningkatkan kedua variabel yang hendak ditingkatkan, yaitu motivasi dan hasil belajar. Dari persentase hasil uji N-Gain pada x data motivasi belajar siswa diketahui bahwa peningkatan siswa kelas eksperimen adalah sebesar 76,64 % dan persentase hasil belajar siswa adalah sebesar 76,23 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Al-Qirā’ah, Hasil Belajar, Kotobee, Motivasi Belajar, Multimedia.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 13:16
Last Modified: 29 Sep 2022 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum