EKSPERIMENTASI STRATEGI LANGUAGE IMMERSION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022

Ba’iq Kurnia Buana, NIM.: 20204021026 (2022) EKSPERIMENTASI STRATEGI LANGUAGE IMMERSION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI LANGUAGE IMMERSION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022)
20204021026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI LANGUAGE IMMERSION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022)
20204021026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya motivasi dan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab, oleh karnanya peneliti menerapkan strategi language immersion dalam pembelajaraan bahasa Arab dengan tujuan 1) Untuk mengetahui penerapan strategi language immersion dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui hasil penerapan strategi language immersion dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Banyuwangi? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperiment yang dibentuk dalam classical experimental design. Subjek penelitian ini yaitu kelas XMIPA 1 dan XMIPA 3 akan sebagai kelas kontrol, XMIPA 4 dan AGAMA sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Kemudian dianalisis dengan uji paired test dan uji independent test dengan bantuan SPSS 25, setelah melalui proses uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat beberapa cara yang digunakan oleh peneliti dalam menerapkan strategi language immersion, yang pertama peneliti menggunakan kurikulum yang digunakan oleh sekolah yaitu kurikulum k13, membaca mandiri, merivew vidio, jurnal siswa, penampilan drama, serta mengembangkan kosakata non akademik. Tipe yang digunakan dalam strategi ini yaitu tipe Partial Immersion, dimana dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan bahasa kedua dengan persentase 50%. 2) Hasil belajar dan motivasi siswa meningkat setelah diterapkannya strategi language immersion pada pembelajaran bahasa Arab, hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukannya strategi ini. Hasil penerapan strategi ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil post-kuesioner rata-rata kelas kontrol yaitu 237,63 dan kelas eksperimen yaitu 264,06, Sedangkan pada hasil post-test rata-rata kelas kontrol yaitu 68,27 dan kelas eksperimen 76,29 artinya nilai rata-rata kelas eksperiment lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Maka berdasarkan data tersebut strategi language immersion ini lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari pada penggunaan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Language Immersion, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 13:20
Last Modified: 29 Sep 2022 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum