PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRODAAT UNTUK KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS BANGSA KALIMANTAN SELATAN

Hafizhatul Munawwarah, NIM.: 20204031019 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRODAAT UNTUK KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS BANGSA KALIMANTAN SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRODAAT UNTUK KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS BANGSA KALIMANTAN SELATAN)
20204031019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUFRODAAT UNTUK KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS BANGSA KALIMANTAN SELATAN)
20204031019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pentingnya mengenalkan bahasa Arab kepada anak sejak dini dan kesulitan yang dimiliki pendidik dalam menemukan pedoman pengenalan bahasa Arab pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar mufrodaat untuk kemampuan bahasa Arab anak usia dini serta untuk melihat efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (RnD) dan seperangkat metode pre-test dan post-test, dan dua jenis data digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak tingkat B di Tk Tunas Bangsa dengan sampel 13 anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Hasil penilaian produk secara komprehensif dari penilaian ahli media, ahli materi dan masukan guru, produk pengembangan bahan ajar mufrodaat untuk kemampuan bahasa Arab untuk anak usia dini berada pada kategori layak dengan skor 80,3%. Nilai rata-rata Pre-test mufrodaat adalah 24,69 dan post-test adalah 27,54. Dan menurut hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil nilai Sig 0,013 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah pengenalan buku ajar mufrodaat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Hibana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Mufrodaat, Bahasa Arab, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:55
Last Modified: 30 Sep 2022 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum