PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN dan IKLIM di MAN INSAN CENDEKIA KABUPATEN GOWA

Firda Rezky Amaliyah, NIM.: Putri 16680032 (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN dan IKLIM di MAN INSAN CENDEKIA KABUPATEN GOWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN dan IKLIM di MAN INSAN CENDEKIA KABUPATEN GOWA)
16680032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN dan IKLIM di MAN INSAN CENDEKIA KABUPATEN GOWA)
16680032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19. Era Covid-19 adalah suatu era dimana terjadi bencana nasional di Indonesia bahkan mewabah hampir diseluruh dunia, sehingga pemerintah berusaha untuk memutus rantai penularannya dengan cepat untuk itu pemerintah harus bekerjasama untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19 untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN Insan Cendekia Gowa pada mata biologi dalam materi perubahan lingkungan dan iklim, 2. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN Insan Cendekia Gowa pada mata pelajaran biologi dalam materi perubahan lingkungan dan iklim, 3. Untuk mengetahui pengaruh interaksi strategi pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN Insan Cendekia Gowa pada mata pelajaran biologi dalam materi perubahan lingkungan dan iklim. Penelitian ini terdiri dari tahap penelitian motivasi dan tahap hasil belajar kognitif biologi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan mengajar secara daring menggunakan aplikasi zoom dan siswa mengisi pre-test, instrumen motivasi, instrumen hasil belajar kognitif biologi, post-test. Teknik analisis data menggunakan SPSS. Hasilnya, terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada MAN Insan Cendekia Gowa. Pernyataan ini didukung berdasarkan data analisis regresi yang diperoleh nilai Sig = 0,229 lebih besar dari tingkat signifikansi (0,05). Data tersebut menunjukkan bahwa asumsi linearitas dari regresi tidak terpenuhi. Disamping itu dilakukan juga uji LSD pada kelas eksperimen, dengan hasil Mean = 100,80 dan SD = 10,04, sedangkan pada kelas kontrol Mean = 97 dan SD = 17,67. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran daring dala pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN Insan Cendekia Gowa. Hasil belajar kognitif diperoleh nilai Sig=0,343 lebih besar dibandingkan tingkat signifikansi (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan hasil belajar dengan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 15:52
Last Modified: 03 Oct 2022 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53784

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum