IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dina Aizah, NIM.: 16480006 (2022) IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
16480006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
16480006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masa pandemi covid-19 yang melibatkan edukator, orang tua, dan siswa khususnya siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran daring. SD Tumbuh 1 menggunakan rancangan pembelajaran universal design learning (UDL) rancangan pembelajaran paling adaptif untuk dilaksanakan pada masa pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19. 2) Menganalisis pencapaian siswa dari modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu orang tua, guru kelas, koordinator kurikulum, dan kepala sekolah. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan baik sesuai rancangan. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut menjelaskan bahwa untuk siswa autis lebih ditekankan pada keterampilan atau skill dan lebih sederhana. Model modifikasi kurikulum yang dilaksanakan adalah sebagaimana untuk siswa yang tidak mengalami gangguan kecerdasan dan hanya membutuhkan modifikasi pada proses pembelajaran saja, seperti pada media yang dapat didengar atau dengan tulisan begitu juga dengan cara penyajian soal. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga terdapat kendala yang dihadapi yaitu jaringan internet, mood siswa, dan susahnya komunikasi dengan orang tua. Kendati demikiaan guru melaksanakan pembelajaran dengan baik begitu juga dengan siswa. 2) Pencapaian siswa selama pembelajaran daring menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perubahan pada aspek keterampilan, pengetahuan, sikap, dan sosial. Pencapaian siswa selama pembelajaran daring menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perubahan pada aspek keterampilan, pengetahuan, sikap, dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Modifikasi, Autis, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:10
Last Modified: 04 Oct 2022 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum