STRATEGI PENINGKATAN LEVEL ADOPSI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU UMKM PRODUK MAKANAN BERSERTIFIKAT HALAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Khoirul Latifah, NIM.: 21106060007 (2025) STRATEGI PENINGKATAN LEVEL ADOPSI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU UMKM PRODUK MAKANAN BERSERTIFIKAT HALAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN LEVEL ADOPSI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU UMKM PRODUK MAKANAN BERSERTIFIKAT HALAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
21106060007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN LEVEL ADOPSI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU UMKM PRODUK MAKANAN BERSERTIFIKAT HALAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
21106060007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya pola konsumsi makanan halal di Indonesia serta besarnya kontribusi UMKM pada Produk Domestik Bruto (PDB) yang berperan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pemasaran digital merupakan strategi yang memanfaatkan teknologi atau platform digital untuk menjangkau audiens, memperluas pasar, membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga dapat mengoptimalkan penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi peningkatan level adopsi pemasaran digital pada UMKM produk makanan bersertifikat halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan penyebaran kuesioner skala Likert kepada 100 pelaku UMKM. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan interpretasi skala Likert untuk mengukur level adopsi pemasaran digital dan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi pemasaran digital berdasarkan faktor teknologi pada TOE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level adopsi pemasaran digital berada pada level baik dengan indeks 63,09%. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan signifikansi sebesar 0,003 untuk faktor relative advantage, signifikansi 0,009 untuk faktor compatibility, dan signifikansi sebesar 0,002 untuk faktor complexity, sehingga ketiga faktor tersebut memiliki pengaruh secara signifikan terhadap adopsi pemasaran digital. Oleh karena itu dirumuskan strategi untuk meningkatkan level adopsi pemasaran digital berupa pemanfaatan media sosial yang mudah digunakan dan familiar, simplifikasi platform pemasaran digital yang dapat dilakukan oleh penyelenggara platform digital supaya lebih user friendly, serta pembentukan komunitas belajar digital UMKM untuk berbagi praktik penggunaan pemasaran digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof Ir. Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: pemasaran digital; compatibility; complexity; regresi linier berganda; relative advantage
Subjects: 600 Sains Terapan > 670 Teknik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Oct 2022 13:01
Last Modified: 04 Aug 2025 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum