SYAKHSIYYATU AL-SYAKHS AL-RA'ISIY FI AL-QISSHAH AL-QASIRAH ‘AL-SAMA’ AL-SABI‘AH’ LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREN HORNEY)

Yullinta Dini Fadila, NIM.: 15110036 (2022) SYAKHSIYYATU AL-SYAKHS AL-RA'ISIY FI AL-QISSHAH AL-QASIRAH ‘AL-SAMA’ AL-SABI‘AH’ LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREN HORNEY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SYAKHSIYYATU AL-SYAKHS AL-RA'ISIY FI AL-QISSHAH AL-QASIRAH ‘AL-SAMA’ AL-SABI‘AH’ LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREN HORNEY))
15110036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SYAKHSIYYATU AL-SYAKHS AL-RA'ISIY FI AL-QISSHAH AL-QASIRAH ‘AL-SAMA’ AL-SABI‘AH’ LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREN HORNEY))
15110036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi dengan judul “Syakhsiyyatu al-Syakhs al-Ra'isiy fi al-Qisshah al-Qasirah ‘al-Sama’ al-Sabi‘ah’ li Najib Mahfuz (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah li Karen Horney)”, menganalisis kepribadian tokoh utama Ra’uf ‘Abdu Rabbih dan ‘A<naus Qadri dalam cerita pendek “al-Sama’ al-Sabi‘ah” dari antologi al-H{ubb Fawqa Hadbat al-Haram karya Najib Mahfuz. Alasan memilih cerpen “al-Sama’ al-Sabi‘ah” karya Najib Mahfuz karena cerita pendek ini secara tersirat mengungkapkan kepribadian dua tokoh utama yang berlatar belakang berbeda. Bahkan dua tokoh utama ini pun memiliki kepribadian dengan karakter yang berbeda setelah dihidupkan kembali atau reinkarnasi dalam keadaan keluarga yang berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, kepribadian apa yang dimiliki tokoh utama Ra’uf ‘Abdu Rabbih dan ‘A<naus Qadri dalam cerpen “al-Sama’ al-Sabi‘ah” karya Najib Mahfuz ditinjau dari teori Karen Horney dan apakah penyebab yang membentuk kepribadian tokoh utama Ra’uf ‘Abdu Rabbih d an ‘A<naus Qadri dalam cerpen “al-Sama’ al-Sabi‘ah” karya Najib Mahfuz. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan data lalu menganalisanya meliputi baca dan catat. Teori Karen Horney dijadikan pendekatan dalam penelitian karakter tokoh utama dalam cerita pendek “al-Sama’ al-Sabi‘ah” ini karena dianggap sesuai dengan konflik psikis yang dialami oleh tokoh utama. Dari konflik psikis yang ada dan latar belakang pendidikan dalam keluarga kedua tokoh utama dapat ditentukan karakter masing-masing tokoh utama berdasar teori Karen Horney. Adapun teori Karen Horney telah membagi ke dalam tiga golongan kepribadian yaitu penurut, memisahkan diri dan agresif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kepribadian tokoh utama Ra’uf ‘Abdu Rabbih sebelum reinkarnasi yaitu normal dan setelah reinkarnasi adalah agresif. Kepribadian ‘A<naus Qadri sebelum reinkarnasi adalah agresif dan memisahkan diri dan setelah reinkarnasi berkepribadian cenderung agresif. (2) Penyebab terbentuknya kepribadian Ra’uf ‘Abdu Rabbih sebelum reinkarnasi adalah faktor naluri bawaan, faktor kesuksesan dan faktor pengaruh keluarga. Adapun setelah reinkarnasi, penyebab terbentuknya kepribadian Ra’uf ‘Abdu Rabbih adalah faktor naluri bawaan, faktor pengaruh budaya dan faktor pengaruh keluarga. Penyebab terbentuknya kepribadian ‘A<naus Qadri sebelum reinkarnasi yaitu faktor naluri bawaan, pengaruh keluarga dan pengaruh budaya. Adapun setelah reinkarnasi, penyebab terbentuknya kepribadian ‘A<naus Qadri adalah karena faktor naluri bawaan dan pengaruh keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, S.Ag. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Al-Sama’ al-Sabi‘ah, Psikologi Sastra, Karen Horney, Najib Mahfuz.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Oct 2022 14:20
Last Modified: 07 Oct 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum