PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU BERBASIS APLIKASI AMNA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN

Salman Alfarisi, NIM.: 21204021032 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU BERBASIS APLIKASI AMNA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU BERBASIS APLIKASI AMNA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN)
21204021032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU BERBASIS APLIKASI AMNA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN)
21204021032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menentukan bentuk dari setiap perubahan fi’il, baik fi’il madhi, fi’il mudhari’, dan fi’il amri beserta dhamirdhamirnya. Kesulitan tersebut dibuktikan dengan adanya data bahwa 65% siswa kelas 8 SMPIT Baitussalam Prambanan mengatakan bahwa ilmu nahwu merupakan ilmu yang susah. Dengan adanya permasalahan ini peneliti mencoba untuk memberikan sebuah obat dengan mengembangkan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menguraikan bentuk dari desain pengembangan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi dengan pendekatan santifik di SMPIT Baitussalam Prambanan. 2) menguraikan tahapan pengembangan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi dengan pendekatan saintifik di SMPIT Baitussalam Prambanan. 3) mengetahui hasil dari pengembangan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi dengan pendekatan santifik di SMPIT Baitussalam Prambanan. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 proses tahapan, yaitu: Analisis (Analysis), Rancangan (Design), Pengemabngan (Development), Penerapan (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Teknik pengempulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, Angket, dan Tes. Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan meminta validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh sebesar 82%, penilaian dari ahli media diperoleh sebesar 80%, dan penilaian dari respon siswa terhadap aplikasi bahan ajar diperoleh sebesar 90%. Berdasarkan perolehan data diatas dinyatakan bahwa produk Aplikasi bahan ajar Nahwu layak digunakan sebagai bahan media pembelajaran dengan revisi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pengembangan Produk bahan ajar ini menghasilkan aplikasi dengan nama “AMNA” Aplikasi ini dikembangkan dengan pendekatan saintifik untuk menyampaikan materinya. Software yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah SmartApp Creator. 2) pengembangan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi). 3) pengembangan bahan ajar nahwu berbasis aplikasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman nahwu siswa dengan nilai cukup signifikan dari uji sample pre test sebesar 58% dan hasil uji post test meningkat menjadi 85%. Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar Nahwu, Aplikasi AMNA, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. H Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar Nahwu, Aplikasi AMNA, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Oct 2022 14:47
Last Modified: 04 Aug 2025 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum