PERKEMBANGAN BISNIS PAMELLA GROUP DI YOGYAKARTA TAHUN 1975-2018 M

Anisah, NIM.: 15120050 (2022) PERKEMBANGAN BISNIS PAMELLA GROUP DI YOGYAKARTA TAHUN 1975-2018 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN BISNIS PAMELLA GROUP DI YOGYAKARTA TAHUN 1975-2018 M)
15120050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN BISNIS PAMELLA GROUP DI YOGYAKARTA TAHUN 1975-2018 M)
15120050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pamella Group adalah salah satu bisnis di Yogyakarta yang sejak awal didirikan, yaitu pada tahun 1975, telah berlandaskan syariat Islam. Norma dan etika dalam al-qur’an dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan bisnis. Mendasari usaha sebagai bentuk kegiatan ibadah, dan bukan semata-mata untuk mencari keuntungan materi. Hal tersebut yang menjadikan fondasi bisnis Pamella Group kokoh dan prinsip tersebut jarang diterapkan oleh pengusaha-pengusaha lain. Terhitung sejak berdirinya usaha Pamella Group sampai sekarang masih eksis dan berkembang di Yogyakarta. Adapun pokok permasalahannya adalah mengapa Pamella Group mampu bertahan dan berkembang selama ini dan bagaimana kontribusinya terhadap masyarakat di Yogyakarta. Dari permasalahan utama tersebut dirumuskan pertanyaan sebagai berikut, yaitu siapa tokoh pendiri bisnis Pamella Group? Bagaimana peran mereka dalam perkembangan bisnis Pamella Group di Yogyakarta? Mengapa bisnis Pamella Group mampu terus bersaing di tengah maraknya bisnis ritel bermodal dan berskala besar? Apa strategi usaha yang dikembangkan oleh Pamella Group? Bagaimana kontribusi Pamella Group terhadap dunia bisnis di Yogyakarta? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan antropologi ekonomi untuk mendeskripsikan tentang kekuatan kebudayaan terhadap munculnya perilaku dan perubahan ekonomi. Teori yang digunakan adalah teori antropologi ekonomi yang dikemukakan oleh Karl Paul Polanyi. Ia berpandangan bahwa ekonomi berkaitan dengan aspek-aspek sosio-kultural. Hal ini mengarahkan peneliti untuk melihat gejala ekonomi bukan pada penampilan, atau barang maupun tingkah laku yang nampak, tetapi pada pikiran-pikiran yang mendasari terhadap terwujudnya barang dan tingkah laku tersebut. Adapun penulisannya menggunakan metode historis yang mencakup empat tahapan, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Sejak awal berdirinya Pamella Group berpegang teguh kepada syariat Islam. Kedua, Bisnis Pamella Group berkembang dalam tiga periode. Tahun 1975-1988 merupakan masa perintisan bisnis Pamella Group. Tahun 1994-2003 merupakan masa ekspansi bisnis, bisnis Pamella melakukan ekspansi dengan membuka cabang-cabang baru. Tahun 2005-2018 merupakan masa keemasan, yakni bisnis Pamella banyak meraih pencapaian-pencapaian besar dan melebarkan sayapnya dengan membuka unit bisnis lain. Ketiga, di balik kesuksesan bisnis Pamella Group ada etika-etika bisnis Islam yang selalu dijaga. Oleh karena itu bisn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Himayatul Ittihadiyah, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Pamella Group, Noor Liesnani Pamella, Strategi Bisnis
Subjects: Bisnis
Biografi Tokoh
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 10:56
Last Modified: 11 Oct 2022 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum