METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Erwin Dwi Nurcahyo, NIM.: 15410163 (2022) METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA)
15410163_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA)
15410163_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tua menginginkan agar anaknya menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat. Banyak cara ditempuh orang tua agar dapat mewujudkan niat tersebut. Salah satunya adalah dengan memasukkan anaknya ke dalam pondok pesantren. Di pondok pesantren, anak akan diajarkan banyak materi yang berkaitan dengan ilmu agama, dan ilmu Al Qur’an tidak luput dari materi yang diajarkan pondok pesantren. Banyak strategi dan metode yang digunakan pihak pesantren agar anak didiknya dapat memahami Al Qur’an baik itu membaca, menulis, menghafal serta memahami dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Penting dalam pemilihan strategi dalam proses pembelajaran Al Qur’an yang tepat supaya mudah dipahami anak. Smp IT Bina Umat Yogyakarta adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki program spesial yakni, menghafal 1 juz dalam 1 tahun. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pembelajaran Al Qur’an yang digunakan di Smp IT BIna Umat Yogyakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif (Qualitative Research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena atau suatu peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun secara kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip yang mengarah kepada kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: pertama, bentuk strategi pembelajaran Al Qur’an yang digunakan adalah metode Iqra’ dan metode Ummi. Metode Iqra’ adalah metode belajar Al Qur’an dengan enam jilid yang disusun oleh KH. As’ad Humam, sedangkan metode Ummi adalah metode belajar Al Qur’an delapan jilid dengan pembagian jilid 1-6, gharibul qur’an,dan buku tajwid. Kedua faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Al Qur’an meliputi faktor pendukung, yakni faktor alokasi waktu, dan lingkungan. Serta faktor penghambat meliputi, faktor kurangnya tenaga pendidik yang tersertifikasi Ummi daerah Sleman dan belum lengkapnya modul Ummi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: embimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Baca Al Qur'an, Iqra’, Ummi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:33
Last Modified: 17 Oct 2022 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum