HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

Iis Siti Khoiriyyah, NIM.: 15410187 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
15410187_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
15410187_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh problem rendahnya kualitas membaca Al Qur’an siswa akan menyebabkan rendahnya pula hasil belajar siswi pada mata pelajaran AL Qur’an Hadist. Al Qur’an Hadist merupakan mata pelajaran yang mengutamakan penguasaan kemampuan membaca Al Qur’an. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis tertarik mengetahui seberapa besar korelasi ataupun hubungan kualitas membaca Al Qur’an siswa jika dikorelasikan dengan hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Popupasi penelitian sebanyak 67 siswa. Sampel sebanyak jumlah populasi yakni 67 siswa. Metode pengumpulan data dengan Test membaca Al Qur’an untuk mengetahui kemampuan membaca dan Test Pembelajaran Al Qur’an Hadist BAB 2 materi ke 2 yakni dalil tentang kekuasaan dan Rahmat Allah SWT pada surah Asy Syams/9 1:1-15. Uji reliabilitas yang digunakan menggunakan cronbanch’s alpha dengan nilai 0.502 yang berarti reliabel. Dan analisis yang digunakan adalah analisis bevariate person dengan hasil person correlation Sig.(2-tailed) 0.05 artinya terdapat korelasi antar variabel yang dihubungkan, dan berdasarkan tanda bintang yang diberikan SPSS pada nilai person correlation maka antara variabel yang dianalisis terdapat korelasi. Hasil penelitian ini, yaitu adanya hubungan positive antara kemampuan membaca Al Qur’an dengan hasil pembelajaran Al Qur’an Hadist di kelas VII MTs Ibnul Qoyyim dengan nilai signifikansi. 0.502 dengan dua tanda bintang yang berarti correlation is significant at the 0.01 level(2-tailed) yang berarti adanya korelasi positive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al Qur’an Hadist, Membaca Al Qur’an, Kualitas Membaca Al Qur’an,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:41
Last Modified: 17 Oct 2022 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum