PERANAN PENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KAUTSAR DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA SUDIMORO, TERAS, BOYOLALI

Rois Syaifullah, NIM.: 15410195 (2022) PERANAN PENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KAUTSAR DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA SUDIMORO, TERAS, BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KAUTSAR DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA SUDIMORO, TERAS, BOYOLALI)
15410195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KAUTSAR DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA SUDIMORO, TERAS, BOYOLALI)
15410195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya memiliki akhlak yang mulia yang menjadi tugas utama orang Islam untuk menanamkan sedini mungkin kepada anak, karena masa anak-anak khususnya anak usia 6-12 tahun adalah masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak. Dengan ini butuh peranan Lembaga non formal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar untuk membantu orang tua dalam membina akhlak anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan psikologi agama yang dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar. Sumber data dalam penelitian ada primer yaitu kepala serta pengajar dan anak-anak TPA Al-Kautsar, sedangkan data sekundernya adalah orang tua. Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi dengan metode dan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) Peranan pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar dalam pembinaan akhlak anak dapat dinilai sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat adanya perilaku anak-anak yang mengarah ke hal-hal yang positif. 2) Motivasi anak untuk ikut mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar berbeda-beda ada anak yang termotivasi karena ingin bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, ada juga yang termotivasi karena ada teman-teman bermainnya yang ikut mengaji. 3) Faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak yang dilakukan Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar yaitu motivasi anak, orang tua, teman bermain dan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Al-Qur’an, Pembinaan, Akhlak, Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:44
Last Modified: 17 Oct 2022 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum