PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Muh Anang Ma’ruf, NIM.: 15600057 (2022) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP)
15600057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP)
15600057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah disposisi matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) berapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex-post facto korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ma’arif Borobudur tahun ajaran 2021/2022 dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah instrumen skala disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Peneliti melakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu sebelum melakukan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 81,688 + 0,067X. Artinya bahwa setiap peningkatan skor disposisi matematis sebesar 1, maka hasil belajar matematika juga akan meningkat sebesar 0,067. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh koefisien regresi variabel disposisi matematis yaitu sebesar 0,067. Hal tersebut memperlihatkan bahwa koefisien regresi variabel bebas bernilai positif, yang artinya terdapat pengaruh positif disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa, serta diperoleh Fhitung = 0,094 < Ftabel = 4,28 dan besarnya signifikansi adalah 0,762 > 0,05, sehingga dapat diartikan disposisi matematis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 0,4%, sedangkan sisanya sebesar 99,6% dipenagruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis, Hasil Belajar, Pendidikan Matematika
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 09:59
Last Modified: 17 Oct 2022 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum