PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS: UKM. SUGARA MILK)

Beni Anggi Afriyanto, NIM.: 15660011 (2022) PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS: UKM. SUGARA MILK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS: UKM. SUGARA MILK))
15660011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS: UKM. SUGARA MILK))
15660011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Distribusi adalah suatu proses kegiatan penyaluran barang yang dilakukan produsen ke beberapa tempat konsumen baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dalam pendistribusian memerlukan rute yang optimal dengan tujuan untuk meminimalkan biaya distribusi. Permasalahan distribusi merupakan permasalahan rute kendaraan yang disebut Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu batasan atau kendala VRP adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CVRP merupakan model dasar dalam VRP dengan kapasitas angkut kendaraan sebagai kendala yang dihadapi. Permasalahan CVRP dapat di efisienkan dengan menggunakan metode nearest neighbor dan metode Saving Matrix. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan rute pengiriman yang paling tepat serta jarak yang minimum pada pendistribusian susu di Sugara Milk dengan menggunakan metode nearest neighbor dan metode saving matrix Sugara Milk adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang kuliner susu dan aneka makanan ringan yang sudah memiliki 3 cabang, dimana untuk outlet pusat berada di Jl. Lowanu 68-72, Sororsutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Dengan perhitungan secara manual dan menggunakan software MATLAB. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan menggunakan metode saving matrix didapat prsentase penghematan jarak yang lebih besar dengan urutan rute konsumen pada 6 rute pengiriman diperoleh penghematan jarak 33% dari rute awal dan menggunakan metode nearest neighbor untuk urutan rute konsumen pada 6 rute pengiriman diperoleh penghematan jarak 27% dari rute awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Dwi Agustina Kurniawati, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Rute, Capacitated Vehicle Routing Problem, Saving Matrix, Nearest Neihgbour
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 11:07
Last Modified: 17 Oct 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum