FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DIRI PEMUDA DAERAH KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Rizka Putriana Dewi, NIM.: 18107020009 (2022) FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DIRI PEMUDA DAERAH KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DIRI PEMUDA DAERAH KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG)
18107020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DIRI PEMUDA DAERAH KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG)
18107020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada era modernisasi sekarang ini perkembangan media serta teknologi sangat pesat. Seiringan dengan berkembangnya media memunculkan berbagai macam platform media sosial. Adapun sekarang ini salah satu platform aplikasi media sosial yang sedang ramai dibicarakan serta diakses oleh masyarakat luas ialah aplikasi TikTok. Tidak terkecuali para pemuda Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung yang banyak menggunakan serta mengakses aplikasi TikTok sebagai wadah untuk menuangkan segala ekpresi diri dan kreatifitas yang mereka miliki. Dalam penggunaanya memunculkan sebuah fenomena yang disebut dengan hiperealitas. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui secara detail terkait dengan motif, bentuk ekspresi, faktor pendukung serta konstruk hiperealitas yang dibangun dalam penggunaan apliksi TikTok dikalangan pemuda Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan menggunakan teori simulasi hipperealitas milik Jean Baudrillarad. Hasil temuan peneliti dilapangan,yaitu gambaran umum Kecamatan Besuki. Kemudian gambaran pemuda Kecamatan besuki yang meliputi desa Tanggulwelahan, Tanggulkundung, dan desa Tanggulturus.serta gambaran pengguna aplikasi TikTok dikalangan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pemuda dalam penggunaan TikTok berdasarkan hasil penelitian terdapat bentuk ekpresi yang mereka bangun ketika menggunakan aplikasi TikTok. Adapun diantaranya adalah dengan menirukan beberapa konten yang tengah viral. Kemudian dengan membuat dan mengeksprsikan perasaanya yang dituangkan lewat konten video quotes dan konten konten lain yang bisa mempengaruhi perasaanya. Serta menggunakan dan memanfaatkan beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi TikTok ketika membuat konten dan mengkreasikan video yang mereka buat. Serta secara tidak langsung mereka telah membentuk suatu ruang serta efek dari hiperrealitas dalam penggunaan aplikasi TikTok yang mereka lakukan. Hiperealitas menjadi hasil dari efek bentuk pengekspresian diri para pengguna TikTok. Para pengguna melakukan pengekspreian dirinya hanya dibatas ruang virtual tetapi mereka sangat menikmati serta menganggap apa yang mereka lakukan seperti bak dikehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Saputro,S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: video konten; aplikasi TikTok; Pemuda; ekspresi diri; hiperealitas
Subjects: Media Sosial
Psikologi > Psikologi Remaja
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2022 14:44
Last Modified: 19 Oct 2022 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum