KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENYEBARAN HOAX DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Tiga WhatsApp Group Orang Tua di Kota Jambi, Provinsi Jambi)

Rizki Hairunisa, NIM.: 18107020003 (2022) KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENYEBARAN HOAX DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Tiga WhatsApp Group Orang Tua di Kota Jambi, Provinsi Jambi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENYEBARAN HOAX DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Tiga WhatsApp Group Orang Tua di Kota Jambi, Provinsi Jambi))
18107020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENYEBARAN HOAX DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Tiga WhatsApp Group Orang Tua di Kota Jambi, Provinsi Jambi))
18107020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Adanya kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan dan mengakses media sosial dan yang paling dominan digunakan adalah WhatsApp. Melalui WhatsApp ini masyarakat dengan mudah melakukan komunikasi antara satu sama lain. Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk melancarkan aksinya, yaitu menyebarkan informasi-informasi hoax yang berkaitan dengan situasi terkini, seperti pada masa pandemi COVID-19. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial penyebaran hoax tentang pandemi COVID-19 oleh anggota WhatsApp group di tiga WhatsApp group di Kota Jambi, Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif pola deskriptif dan studi kasus sebagai metodenya. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi selama kurang lebih 4 bulan. Peneliti menganalisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan verifikasi data. Adapun teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Sosial atas realitas dari Peter L. Bergen dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menemukan tiga hal. Pertama, terdapat realitas subyektif dalam pemaknaan atas pandemi dan penyebaran hoax di seluruh WhatsApp group yang diteliti. Kedua, proses pemaknaan tersebut terjadi secara terus menerus melalui proses internalisasi, obyektivasi, dan eksternalisasi. Ketiga, hasil komparasi yang didapatkan peneliti menunjukkan bahwa para anggota grup di tiga WhatsApp group tersebut sama-sama terjadi proses konstruksi sosial dan menimbulkan realitas subjektif. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyumbang pada kajian Sosiologi Komunikasi atau Sosiologi Media dan Sosiologi Bencana bagi khazanah pengetahuan khususnya dalam bidang media literasi digital yang berkaitan dengan penyebaran informasi/disinformasi baik itu tentang Kesehatan, umum, maupun hal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., P.hD.
Uncontrolled Keywords: Pandemi COVID-19; hoax; konstruksi sosial; realitas sosial; WhatsApp group
Subjects: Masalah Sosial
Media Sosial
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2022 15:49
Last Modified: 19 Oct 2022 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum