TINJAUAN SOSIOLOGI TERHADAP FENOMENA LONG DISTANCE MARRIAGE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DI KELURAHAN TAWANGANOM MAGETAN

Evita Anggrayny Dian Savitri, NIM.: 17103050035 (2022) TINJAUAN SOSIOLOGI TERHADAP FENOMENA LONG DISTANCE MARRIAGE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DI KELURAHAN TAWANGANOM MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI TERHADAP FENOMENA LONG DISTANCE MARRIAGE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DI KELURAHAN TAWANGANOM MAGETAN)
17103050035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI TERHADAP FENOMENA LONG DISTANCE MARRIAGE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DI KELURAHAN TAWANGANOM MAGETAN)
17103050035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Long Distance Marriage (LDM) adalah keadaan pasangan suami isteri yang memiliki kendala jarak, ruang dan waktu untuk dapat bertemu. Long Distance Marriage dapat terjadi karena adanya tuntutan karier, pendidikan dan ekonomi. Long Distance Marriage tentunya bertolak belakang dengan kehidupan rumah tangga pada umumnya yangmana suami isteri tinggal bersama dan menjalankan perannya masing-masing sebagai suami isteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari Long Distance Marriage di Kelurahan Tawanganom Magetan serta upaya pasangan suami isteri Long Distance Marriage dalam mengatasi kendala pelaksanaan hak dan kewajibannya sebagai suami isteri berdasarkan fungsi AGIL yang dikenalkan oleh Talcott Parsons. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi. Subjek penelitian adalah pasangan suami isteri yang menjalani Long Distance Marriage di Kelurahan Tawanganom Magetan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh penulis menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya Long Distance Marriage di Kelurahan Tawanganom Magetan disebabkan oleh faktor pekerjaan, ekonomi, pendidikan anak dan faktor orang tua. Long Distance Marriage tidak hanya membawa dampak negatif saja tetapi juga membawa dampak positif bagi pasangan suami isteri Long Distance Marriage di Kelurahan Tawanganom Magetan. Bahwa dalam mengatasi kendala pemenuhan hak dan kewajiban suami isteri selama menjalani Long Distance Marriage, pasangan suami isteri Long Distance Marriage di Kelurahan Tawanganom Magetan dapat menerapkan fungsi AGIL Talcott Parsons sehingga hak dan kewajiban sebagai suami isteri tetap dapat terpenuhi dengan baik meskipun terdapat hak dan kewajiban suami isteri yang tidak dapat terpenuhi secara maksimal karena kendala jarak, ruang dan waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Muna Hayati, M. H. I.
Uncontrolled Keywords: Long Distance Marriage, Perkawinan, Sosiologi
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Sosiologi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2022 10:30
Last Modified: 25 Oct 2022 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum