PENGEMBANGAN E-COMIC IPA BERBASIS POTENSI LOKAL KERAJINAN PERAK KOTAGEDE UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Dahestin Yusehadi, NIM.: 18106090025 (2022) PENGEMBANGAN E-COMIC IPA BERBASIS POTENSI LOKAL KERAJINAN PERAK KOTAGEDE UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-COMIC IPA BERBASIS POTENSI LOKAL KERAJINAN PERAK KOTAGEDE UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
18106090025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-COMIC IPA BERBASIS POTENSI LOKAL KERAJINAN PERAK KOTAGEDE UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
18106090025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Potensi lokal yaitu ciri khas atau keunggulan dari suatu daerah yang dapat digunakan untuk sumber belajar bagi siswa dalam bentuk bahan ajar berupa e-comic. Salah satu potensi lokal yang bisa digunakan untuk sumber belajar yaitu kerajinan perak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan e-comic IPA berbasis potensi lokal (2) mengetahui kualitas e-comic IPA berbasis potensi lokal (3) mengetahui respon siswa terhadap e-comic IPA berbasis potensi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development ( R & D). Pengembangan yang dilakukan mengacu model 4-D dengan 4 langkah yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop dengan dibatasi pada uji coba luas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian kualitas e-comic, dan lembar respon siswa. Lembar validasi dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Penilaian kualitas e-comic IPA berbasis potensi lokal dengan skala likert menggunakan skala 4. Respon siswa dengan skala Guttman menggunakan bentuk check list. Hasil penelitian ini menghasilkan e-comic IPA berbasis potensi lokal kerajinan perak Kotagede. Kualitas e-comic IPA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA memperoleh kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rerata 3,85; 3,54; dan 3,83. Respon siswa terhadap e-comic IPA pada uji coba terbatas dan luas memperoleh kategori Setuju (S) dengan skor rerata 0,93 dan 0,82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Potensi lokal, E-comic IPA
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2022 15:16
Last Modified: 27 Oct 2022 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum