Aliva Humairah BR.Ginting, NIM.: 20204081012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI

Rif'atul Fadilah, NIM.: 20204081005 (2022) Aliva Humairah BR.Ginting, NIM.: 20204081012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Aliva Humairah BR.Ginting, NIM.: 20204081012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI)
20204081005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Aliva Humairah BR.Ginting, NIM.: 20204081012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI)
20204081005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan peneliti pada media ajar yang digunakan ketika pembelajaran mata pelajaran tematik materi bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Poreh Lenteng Sumenep. Media ajar yang digunakan kurang efektif untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa, media mading konvensional hanya bisa memuat karya sastra secara terbatas saja sehingga kurang efektif untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media majalah digital untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media majalah digital, dan (3) Mengetahui efektivitas hasil belajar pengembangan media majalah digital untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Poreh Lenteng Sumenep. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development), penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media majalah digital, lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah dan MI Tanwirul Hija Sumenep Madura, dengan populasi ialah seluruh peserta didik kelas eksperimen dan kontrol yang berjumlah 24 peserta didik, dan jenis populasi penelitian ini menggunakan non equivalent control group design, desain penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (menjabarkan) design (perancangan), develop (pengembangan) implementation (pengamplikasian) dan Evaluation (evaluasi), instrumen pengumpulan data penelitian ini data hasil penilaian ahli, angket, tes, dan teknik analisis penelitian ini pengujian lapangan utama dengan uji statistik, uji hipotesis, uji-t (pretest-posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. pengembangan media majalah digital, pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas IV dikemas dalam bentuk web, media majalah digital ini lebih memfokuskan untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa dalam mengahasilkan karya tulis siswa. 2. Uji kelayakan Media majalah digital yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai salah satu x sumber pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis berdasarkan penilaian ahli instrumen, ahli materi, ahli media, ahli praktisi /guru, dan subyek uji coba skala kecil (peer review). 3. Analisis efektivitas pengembangan majalah digital untuk meningkatkan kreativitas menulis puisi siswa menghasilkan perhitungan uji hipotesis diperoleh dari perbandingan nilai rata-rata posttest eksperimen dan posttest kontrol dalam pembelajaran menggunakan media malajalah digital yaitu 78,92 dan untuk kolas control 66,64 berada dalam kategori valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan kreativitas menulis puisi peserta didik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Sumenep.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S. Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, majalah digital, Ktreatifitas menulis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:07
Last Modified: 02 Nov 2022 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum