PENGEMBANGAN LANJUTAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KARYA FITRIANI,S.Pd.Si UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA

Sinta Puspita, NIM.: 08670024 (2012) PENGEMBANGAN LANJUTAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KARYA FITRIANI,S.Pd.Si UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LANJUTAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KARYA FITRIANI,S.Pd.Si UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LANJUTAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KARYA FITRIANI,S.Pd.Si UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik pengembangan lanjutan multimedia interaktif agar diperoleh produk yang layak digunakan untuk proses pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menindaklanjuti produk karya Fitriani, S.Pd.Si melalui uji coba produk. Uji coba produk dilakukan pada uji terbatas dan uji luas. Uji terbatas dilakukan di MA Nurul Ummah Yogyakarta dengan jumlah peserta didik 10 orang dan uji luas dilakukan di SMA Negeri 1 Turi dengan menggunakan dua kelas masing-masing berjumlah 15 peserta didik. Uji coba luas dilakukan dengan menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar saran penilaian produk, skala sikap bentuk Likert, lembar soal objektif, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis komputer efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan analisis perbedaan menggunakan uji t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi dan motivasi belajar peserta didik setelah dianalisis menggunakan uji t, terdapat beda nyata antara kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan uji dua pihak dan rerata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol berdasarkan uji pihak kanan. Penggunaan media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan prestasi juga dianalisis dengan perhitungan gain ternormalisasi. Perhitungan <g> kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82,8% dan kelas kontrol sebesar 71,2%. Persentase motivasi peserta didik pada kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, masing-masing 77,90% dan 77,48%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd dan Nina Hamidah, S.Si.,M.A. dan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lanjutan, Multimedia Interaktif, Prestasi, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Oct 2022 11:16
Last Modified: 31 Oct 2022 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum