PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Sukron Ma’mun, NIM.: 05460020 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FLASH UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran fisika materi gerak dengan menggunakan software flash untuk siswa SMP/MTs kelas VII, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran fisika materi gerak dengan menggunakan software flash untuk siswa SMP/MTs kelas VII, 3) mengetahui respon siswa terhadap implementasi media pembelajaran fisika materi gerak dengan menggunakan software flash untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D), yang meliputi tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen penilaian kualitas media menggunakan angket penilaian yang diberikan pada 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan instrumen kelayakan media menggunakan angket respon siswa. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media yang berupa data kualitatif dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk, dan untuk menganalisis data dari siswa digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran fisika materi gerak dengan menggunakan software flash untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Kualitas media berdasarkan 2 ahli materi untuk aspek kesesuaian kurikulum dan aspek materi memiliki kategori baik (B) dengan persentase keidealan 76,67% dan 77,78%, sedangkan aspek soal evaluasi memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 85,00%. Kualitas media berdasarkan 2 ahli media untuk aspek tampilan media dan aspek pengoperasian program memiliki kategori baik (B) dengan persentase keidealan 76,25% dan 76,67%. Hasil uji terbatas diperoleh persentase keidealan dengan kategori sangat setuju (SS) untuk aspek media (81,67%), aspek materi (81,00%) dan aspek motivasi (77,50%). Hasil uji luas diperoleh persentase keidealan dengan kategori sangat setuju (SS) untuk aspek media (84,67%), aspek materi (80,00%) dan aspek motivasi (78,75%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Winarti, M.Pd,Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Media Pembelajaran, Software Flash
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Oct 2022 13:41
Last Modified: 31 Oct 2022 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum