EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (STUDI KASUS DI TRANS JOGJA)

Teguh Waguri, NIM.: 08660015 (2012) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (STUDI KASUS DI TRANS JOGJA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (STUDI KASUS DI TRANS JOGJA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (STUDI KASUS DI TRANS JOGJA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

rans Jogja merupakan sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008. Sistem yang menggunakan bus berukuran sedang ini menerapkan sistem tertutup, dalam arti penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan. Keberadaan Trans Jogja membuat persaingan bisnis transportasi di kota Yogyakarta saat ini menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan sebelum melakukan perbaikan. Dalam penelitian ini penilaian kualitas pelayanan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan model KANO. IPA merupakan metode pengukuran kepuasan konsumen yang mendasarkan pola analisisnya pada pengaruh dua faktor, yakni harapan konsumen akan kinerja sebuah produk/jasa, dan kenyataan yang mereka terima setelah mengkonsumsi jasa tersebut sedangkan model KANO bertujuan untuk mengkategorikan atribut-atribut dari produk maupun layanan berdasarkan seberapa baik produk/layanan tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan. Berdasarkan analisis IPA menunjukkan kualitas pelayanan yang masih buruk dan perlu perbaikan menurut penumpang Trans Jogja yaitu atribut p8, p10, p19, p22, p23, Sedangkan pelayanan yang sudah baik menurut penumpang yaitu atribut p7, p11, p12, p13, p15, p16, p17, p20.Menurut analisis model KANO, semua pelayanan di Trans Jogja berada di kategori one-dimensional yang berarti bahwa semakin baik pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi kepuasan yang didapatkan oleh penumpang. Berdasarkan integrasi IPA dan model KANO atribut yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan yaitu trans jogja dapat diandalkan(p8), waktu kedatangan bus akurat(p10), perusahaan peduli terhadap keluhan penumpang(p19), perusahaan memahami hal-hal yang membuat penumpang merasa nyaman menggunakan trans jogja(p22), dan waktu pengoperasian trans jogja sesuai dengan kebutuhan penumpang(p23).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Situ Husna Ainu Syukri, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Trans Jogja, kualitas pelayanan, IPA, KANO
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Oct 2022 13:56
Last Modified: 31 Oct 2022 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum