PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

Verawati Apriliasari, NIM.: 08670025 (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NONTES MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian tes dan nontes materi pokok sistem koloid untuk SMA/MA kelas XI semester 2 dan untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian tes dan nontes yang dibuat sebagai instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Instrumen penilaian tes dan nontes yang dikembangkan dinilai dari dua aspek, yaitu: analisis kualitatif (validitas isi dan konstruk) dan analisis kuantitatif (tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas soal). Analisis kualitatif dilakukan oleh 3 orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta yang sebelumnya dilakukan peninjauan oleh ahli evaluasi, dan peer reviewer (teman sejawat). Analisis kualitatif dengan menggunakan angket penilaian. Angket penilaian instrumen tes, menilai pada komponen materi, konstruksi, dan kebahasaan. Angket penilaian instrumen nontes, menilai pada komponen keterbacaan, validitas, objektif, sistematis, dan praktikabilitas. Analisis kuantitatif dilakukan dengan mengujicobakan instrumen penilaian tes dan nontes kepada 32 peserta didik kelas XI SMAN 1 Pakem dan 21 peserta didik kelas XI MAN Maguwoharjo. Berdasarkan hasil penilaian dari tiga (3) guru kimia SMA/MA, instrumen tes secara keseluruhan diperoleh persentase keidealan 91,90% dan mempunyai kualitas sangat baik (SB). Instrumen penilaian nontes (angket sikap) secara keseluruhan diperoleh persentase keidealan 89,6% dan mempunyai kualitas sangat baik (SB). Begitu juga instrumen penilaian nontes (lembar observasi) secara keseluruhan diperoleh persentase keidealan 90,35% dan mempunyai kualitas sangat baik (SB). Instrumen tes dilengkapi dengan analisis tingkat kesukaran dan daya beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Susy Yunita Prabawati, M.Si. dan Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Instrumen Penilaian Tes Dan Nontes, Analisis Kualitatif, Analisis Kuantitatif
Subjects: Pendidikan > Instrumen Penilaian
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Oct 2022 14:17
Last Modified: 31 Oct 2022 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum