PENGEMBANGAN INSTRUMEN BAKU PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA CETAK

Yuliana Kutika Sari, NIM.: 08670057 (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BAKU PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA CETAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN BAKU PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA CETAK)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN BAKU PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA CETAK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik instrumen baku penilaian kualitas media pembelajaran kimia cetak yang layak ditinjau dari aspek keterbacaan, validitas, objektivitas, kesistematisan, dan praktikabilitas. Instrumen baku ini digunakan sebagai instrumen penelitian pengembangan media pembelajaran kimia cetak untuk menilai kualitas modul, LKS, handout, buku pengayaan, dan buku petunjuk praktikum. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan menggunakan model prosedural. Prosedur dalam penelitian terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Subyek penilai kualitas instrumen baku meliputi lima dosen ahli evaluasi dan ahli media dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertindak sebagai reviewer. Sebelum dilakukan penilaian oleh reviewer, instrumen baku terlebih dahulu ditinjau oleh dosen pembimbing dan lima orang peer reviewer. Kualitas instrumen baku yang telah dikembangkan dinilai oleh reviewer dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penilaian menurut reviewer menunjukkan bahwa instrumen baku penilaian kualitas modul memperoleh skor rata-rata 72,6 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Instrumen baku penilaian kualitas LKS memperoleh skor rata-rata 91,6 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Instrumen baku penilaian kualitas handout memperoleh skor rata-rata 66,6 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Instrumen baku penilaian kualitas buku pengayaan memperoleh skor rata-rata 57,2 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Instrumen baku penilaian kualitas buku petunjuk praktikum memperoleh skor rata-rata 73 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Sehingga instrumen baku penilaian kualitas media pembelajaran kimia cetak ini layak digunakan sebagai instrumen bagi penelitian pengembangan media pembelajaran kimia cetak untuk menilai kualitas modul, LKS, handout, buku pengayaan, dan buku petunjuk praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Instrumen, Kualitas Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Kimia, Media Pembelajaran Cetak, Modul, Lks, Handout, Buku Pengayaan, Buku Petunjuk Praktikum
Subjects: Pendidikan > Instrumen Penilaian
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:24
Last Modified: 01 Nov 2022 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum