PENGARUH PEMBELAJARAN LURING TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD NEGERI NGENTAK BANGUNTAPAN BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Atik Dwi Irfani, NIM.: 18104080075 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN LURING TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD NEGERI NGENTAK BANGUNTAPAN BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN LURING TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD NEGERI NGENTAK BANGUNTAPAN BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104080075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN LURING TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 6 SD NEGERI NGENTAK BANGUNTAPAN BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104080075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi covid-19 yang mana pemerintah memberi kebijakan mengenai pembelajaran sekolah dengan meniadakan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Kemudian mengganti pembelajaran tersebut dengan pembelajaran di rumah atau biasa disebut pembelajaran daring (dalam jaringan). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengentahui bagaimana pembelajaran luring terbatas dan hasil belajar siswa kelas V tema 6 SD Negeri Ngentak Banguntapan Bantul, (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran luring terbatas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 6 SD Negeri Ngentak Banguntapan Bantul pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu ex post facto, populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngentak Banguntapan Bantul. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan jumlah 21 siswa di kelas V. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran luring terbatas dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas V tema 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data dan uji homogenitas dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dengan hasil uji normalitas diperoleh nilai sig. sebesar 0,200 dan uji homogenitas sig. sebesar 0,504. Dengan adanya hasil itu menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis hasil penelitian ini pada data nilai hasil belajar siswa yaitu menggunakan uji t yang mana diketahui bahwa nilai signifikansi pembelajaran luring adalah 0,865 > 0,05, dengan adanya hasil analisa penelitian tersebut menunjukkan hasil penelitian bahwa tidak ada pengaruh adanya pembelajaran luring terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 6 SD Negeri Ngentak Banguntapan Bantul. Adapun kendala dalam pembelajaran luring ini dilaksanakan setiap hari Senin samapai Jumat tetapi masih adanya pembagian sesi jam pelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Luring, Hasil Belajar, Tema 6
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Nov 2022 14:49
Last Modified: 03 Nov 2022 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum