ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SATUAN PANJANG KELAS V MI MUHAMMADIYAH AL-MUTTAQIEN

Oktaviana Qurota'ayun, NIM.: 18104080055 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SATUAN PANJANG KELAS V MI MUHAMMADIYAH AL-MUTTAQIEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SATUAN PANJANG KELAS V MI MUHAMMADIYAH AL-MUTTAQIEN)
18104080055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SATUAN PANJANG KELAS V MI MUHAMMADIYAH AL-MUTTAQIEN)
18104080055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang pada kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien dan mengetahui faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien. Jenis penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes terdiri dari 4 soal cerita yang dikerjakan oleh semua siswa kelas V MI Muhammadiyah Al-Muttaqien yang berjumlah 17 siswa. Hasil dari pekerjaan siswa akan dianalisis menggunakan teknik analisis data model alir yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada lima tipe kesalahan yang dilakukan saat mengerjakan soal materi satuan panjang yaitu: kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan jawaban akhir. Sedangkan faktor penyebab kesalahannya adalah kurang cermat dalam membaca, tidak memahami keseluruhan dari soal, keliru dalam menentukan operasi matematika, tidak melakukan perhitungan dengan benar, dan tidak mampu menemukan hasil akhirnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Tipe kesalahan, faktor penyebab, satuan panjang
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Nov 2022 14:53
Last Modified: 03 Nov 2022 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum