PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA

Irfia Nada Azzahra, NIM.: 18104080020 (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta, (2) pada mata pelajaran apa yang nilainya lebih dominan jika dilihat dari maisng-masing gaya belajar siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta, (2) mengetahui pada mata pelajaran apa yang nilainya lebih dominan jika dilihat dari maisng-maising gaya belajar siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan variabel penelitian yang terdiri dari variabel dependen (X) gaya belajar siswa dan variabel independen (Y) hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan sampel jenuh, yaitu sebanyak vi 90 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuesioner untuk mengumpulkan data gaya belajar siswa, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Análisis data dalam penelitian ini menggunakan análisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta memiliki kecenderungan gaya belajar yang beragam. Sebanyak 35 siswa (36,45%) memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 41 siswa (42,7%) memiliki kecenderungan gaya belajar auditori, dan 20 siswa (20,83%) memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Dan diperoleh kesimpulan tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Gaya Belajar, Faktor Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:44
Last Modified: 04 Nov 2022 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum