EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MIN 2 SLEMAN

Desy Priyani, NIM.: 18104080010 (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MIN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MIN 2 SLEMAN)
18104080010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MIN 2 SLEMAN)
18104080010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar ialah suatu kunci kesuksesan siswa guna mencapai tujuan belajar. Motivasi dibutuhkan pada tahap pembelajaran sebab motivasi ialah daya penggerak dalam diri siswa. Salah satu faktor yang dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar adalah dengan memberikan reward kepada siswa. Memilih reward yang tepat bisa tingkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) guna mencari tahu pemberian reward sticker pictured efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN 2 Sleman, (2) guna mencari tahu pemberian reward sticker pictured efektif meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV MIN 2 Sleman. Jenis penelitian disini ialah metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain dari penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Pada penelitian terdiri dari dua variabel yakni variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah reward sticker pictured. Sedangkan variabel dependen motivasi belajar dan hasil belajar. Jumlah sampel yang diambil adalah dua kelas, kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket, observasi, dan tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji Mann Whitney. Sementara untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward sticker pictured efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari perolehan hasil uji independent sample t-test angket motivasi belajar siswa dimana hasil Sig (2-tailed) yakni 0,001 kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Hoditolak. Sementara hasil uji Mann Whitney pada tingkat hasil belajar siswa diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) yakni 0,047 kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: reward sticker pictured, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:45
Last Modified: 04 Nov 2022 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum