PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV PADA ERA TEKNOLOGI DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2

Okki Demusti, NIM.: 18104080009 (2022) PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV PADA ERA TEKNOLOGI DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV PADA ERA TEKNOLOGI DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2)
18104080009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV PADA ERA TEKNOLOGI DI SD MUHAMMADIYAH PAJANGAN 2)
18104080009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Orang Tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, segala upaya dilakukan salah satunya dengan memberikan wadah pendidikan formal pada anak melalui sekolah. Seiring perkembangan zaman terdapat teknologi yang semakin canggih dan penyebarannya sangat pesat. Hal itu, dapat berdampak pada anak. Peran orang tua sangatlah penting pada proses belajar anak. Anak membutuhkan pendampingan, bimbingan, arahan, motivasi, serta pengawasan pada pembelajaran anak. Permasalahan yang terdapat pada penelitin ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap pembelajaran siswa kelas IV pada era teknologi di SD Muhammadiyah Pajangan 2. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi, hasil wawancara guru, siswa, dan orang tua, serta dokumentasi pendukung dengan triangulasi sumber v sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah peran orang tua sebagai motivator, pendamping, teladan, dan pendukung bagi siswa di era teknologi. Selain itu, fasilitas yang diberikan orang tua berupa gadget sebagai bentuk penunjang belajar siswa. Adapun faktor pendukung yakni dengan didukung oleh handphone, orang tua, teman, serta adanya kuota atau wifi. Sedangkan faktor penghambat pada penelitian ini yakni game, daya tangkap anak, serta tidak adanya kuota atau wifi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teknologi, Peran Orang Tua.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:45
Last Modified: 04 Nov 2022 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum